085286113196
sman1lempuingjaya@gmail.com
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya
blog-img
10/11/2023

Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Yang Lebih Menarik Dengan Menggunakan Aplikasi Digital

Deni Widi Arianto | Pendidikan

A.    Latar Belakang Kegiatan

Dalam era digital yang semakin berkembang, peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi bagian integral dalam pendidikan. Perkembangan  teknologi telah membuka peluang baru dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif. Salah satu cara untuk memanfaatkan teknologi dalam pendidikan adalah melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi.

Pendidikan   merupakan   fondasi  bagi  perkembangan   masyarakat   dan  negara.   Seiring  dengan perubahan dinamika dunia pendidikan, guru dan pengajar harus mampu beradaptasi dengan tren dan perkembangan  terbaru untuk meningkatkan  kualitas pengajaran.  Salah satu cara untuk mencapai tujuan  tersebut  adalah  dengan  mengembangkan  media pembelajaran  yang  inovatif dan berbasis teknologi.

Aplikasi   dalam   pembuatan   media   pembelajaran  menawarkan   berbagai   keunggulan,   seperti kemudahan  dalam pengembangan,  interaktivitas,  fleksibilitas,  dan  daya tarik  visual  yang  dapat membantu  siswa memahami konsep lebih baik. Namun, untuk memanfaatkan  potensi penuh  dari aplikasi tersebut, guru dan pengajar  perlu memiliki keterampilan  dan pengetahuan yang memadai dalam pembuatan media pembelajaran yang efektif.

B.   Tujuan Kegiatan

Tujuan  dari kegiatan  pembuatan  media pembelajaran yang lebih menarik  dengan menggunakan aplikasi digital adalah meningkatkan  efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari kegiatan tersebut:

1. Meningkatkan pembuatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

2. Meningkatkan keterlibatan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran

3.   Memfasilitasi pembelajaran mandiri dengan media pembelajaran digital yang interaktif, siswa dapat belajar secara mandiri.

4.   Meningkatkan pemahamandalam  menyajikan materi pelajaran  dengan cara yang lebih jelas dan memudahkan pemahaman.

C.   Manfaat Kegiatan

Terwujudnya perangkat pelaksanaan pembelajaran  yang lebih menarik dengan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi digital.

D.   Deskripsi Kegiatan

1.    Metode Pelaksanaan: Workshop Pembelajaran

2.   Tahapan dan Waktu Pelaksanaan:

a.    Penyusunan materi workshop beserta kelengkapannya.

  • Panitia mempersiapkan semua  bahan kelengkapan untuk penyusunan dokumen kegiatan workshop
  • Melaksanakan kegiatan workshop
  • Merumuskan hasil workshop

b.   Rapat koordinasi dan rapat rutin

  • Mengundang pihak terkait
  • Melaksanakan rapat koordinasi dengan melibatkan pihak terkait pada waktu yang telah ditetapkan
  • Melaksanakan rapat internal dengan staf

C. Workshop

Mengundang nara sumber dan 2 orang, yakni Bapak Adi Saputra, S.Pd (Fasilitator Guru Penggerak BBGP DIY) dan Bapak Ibnu Anwar, S.Pd (Wakil Ketua Kogurki)

E.    Susunan Acara

Hari       : Jum'at-Sabtu

Tanggal  : 27 - 28 Oktober 2023

F. KESIMPULAN DAN SARAN

1. KESIMPULAN

Kegiatan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Yang Lebih Menarik Dengan Menggunakan Aplikasi Digital dapat memberikan wawasan kepada peserta workshop tentang bagaimana membuat media pembelajaran yang interaktif menggunakan aplikasi digital.

2. SARAN

Perlu dilakukan workshop serupa kedepannya secara rutin untuk dapat selalu meng- update wawasan pendidik di SMAN 1 Lempuing Jaya. Perlu juga dilakukan pendampingan kepada semua peserta workshop supaya dapat menularkan wawasan tentang Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Yang Lebih Menarik Dengan Menggunakan Aplikasi tersebut kepada guru lainnya.

G.PENUTUP

Laporan ini dibuat sebagai bagian akhir dari kegiatan workshop yang telah dilaksanakan. Laporan ini disusum sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam pelaksanaan kegiatan di lingkungan SMAN 1 Lempuing Jaya. Demikian laporan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Populer






chart_icon

2 Guru

chart_icon

6 Prestasi

chart_icon

12 Download

chart_icon

232109 Pengunjung

Sosial Media

Hubungi Kami

Alamat:
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir , 30657

Email :
widiarianto2012@gmail.com
syamsulhidayat87@gmail.com

Telp :
085286113196

2024 © copyright