A. Latar Belakang Kegiatan
Dalam era digital yang semakin berkembang, peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi bagian integral dalam pendidikan. Perkembangan teknologi telah membuka peluang baru dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif. Salah satu cara untuk memanfaatkan teknologi dalam pendidikan adalah melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi.
Pendidikan merupakan fondasi bagi perkembangan masyarakat dan negara. Seiring dengan perubahan dinamika dunia pendidikan, guru dan pengajar harus mampu beradaptasi dengan tren dan perkembangan terbaru untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi.
Aplikasi dalam pembuatan media pembelajaran menawarkan berbagai keunggulan, seperti kemudahan dalam pengembangan, interaktivitas, fleksibilitas, dan daya tarik visual yang dapat membantu siswa memahami konsep lebih baik. Namun, untuk memanfaatkan potensi penuh dari aplikasi tersebut, guru dan pengajar perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam pembuatan media pembelajaran yang efektif.
B. Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan pembuatan media pembelajaran yang lebih menarik dengan menggunakan aplikasi digital adalah meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa tujuan utama dari kegiatan tersebut:
1. Meningkatkan pembuatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif.
2. Meningkatkan keterlibatan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran
3. Memfasilitasi pembelajaran mandiri dengan media pembelajaran digital yang interaktif, siswa dapat belajar secara mandiri.
4. Meningkatkan pemahamandalam menyajikan materi pelajaran dengan cara yang lebih jelas dan memudahkan pemahaman.
C. Manfaat Kegiatan
Terwujudnya perangkat pelaksanaan pembelajaran yang lebih menarik dengan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi digital.
D. Deskripsi Kegiatan
1. Metode Pelaksanaan: Workshop Pembelajaran
2. Tahapan dan Waktu Pelaksanaan:
a. Penyusunan materi workshop beserta kelengkapannya.
b. Rapat koordinasi dan rapat rutin
C. Workshop
Mengundang nara sumber dan 2 orang, yakni Bapak Adi Saputra, S.Pd (Fasilitator Guru Penggerak BBGP DIY) dan Bapak Ibnu Anwar, S.Pd (Wakil Ketua Kogurki)
E. Susunan Acara
Hari : Jum'at-Sabtu
Tanggal : 27 - 28 Oktober 2023
F. KESIMPULAN DAN SARAN
1. KESIMPULAN
Kegiatan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Yang Lebih Menarik Dengan Menggunakan Aplikasi Digital dapat memberikan wawasan kepada peserta workshop tentang bagaimana membuat media pembelajaran yang interaktif menggunakan aplikasi digital.
2. SARAN
Perlu dilakukan workshop serupa kedepannya secara rutin untuk dapat selalu meng- update wawasan pendidik di SMAN 1 Lempuing Jaya. Perlu juga dilakukan pendampingan kepada semua peserta workshop supaya dapat menularkan wawasan tentang Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Yang Lebih Menarik Dengan Menggunakan Aplikasi tersebut kepada guru lainnya.
G.PENUTUP
Laporan ini dibuat sebagai bagian akhir dari kegiatan workshop yang telah dilaksanakan. Laporan ini disusum sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam pelaksanaan kegiatan di lingkungan SMAN 1 Lempuing Jaya. Demikian laporan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Langkah-Langkah Model Pembelajaran Problem Based...
Langkah-Langkah Model Project Based Learning...
2 Guru
7 Prestasi
12 Download
293427 Pengunjung