Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PJBL)
Sintak atau langkah-langkah pembelajaran berbasis Project /PJBL aktifitas pembelajarannya adalah sebagai berikut:
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
No
|
Kegiatan
|
Sintak
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
- Pendidik mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar (menyapa peserta didik, berdo’a, cek absensi)
- Pendidik mengajukan pertanyaan pemantik, misalnya:
- Pernahkah Kalian melihat tanaman, hewan unik atau tempat yang indah dan ingin menyampaikannya kepada orang lain?
- Seperti apakah kerangka/struktur teks laporanhasil observasi?
- Dorong perserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
- Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi
|
- Pendidik menyajikan materi Power Point Presentation yang berkaitan dengan menentukan topik, teknik mengumpulkan data, menyusun kerangka laporan, mengembangkan kerangka, dan menyunting teks laporan hasil observasi.
- Pendidik dan peserta didik berdiskusi terkait materi yang ditampilkan.
|
100 Menit
|
Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the Essential Question).
|
Pendidik mengemukakan pertanyaan esensial yang bersifat eksplorasi pengetahuan yang telah dimiliki siswa berdasarkan pengalaman belajarnya yang bermuara pada penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas.
- Bagaimana membuat suatu laporan menjadi objektif?
- Mengapa pengamatan langsung lebih baik untuk membuat sebuah laporan hasil observasi?
|
Mendesain perencanaan proyek (Design a Plan for the Project)
|
- Pendidik mengorganisir peserta didik ke dalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang.
- Pendidik memfasilitasi setiap kelompok untuk menentukan ketua dan sekretaris secara demokratis, dan mendeskripsikan tugas masing-masing setiap anggota kelompok.
- Pendidik dan peserta didik membicarakan aturan main untuk disepakati bersama dalam proses penyelesaian proyek.
|
Menyusun jadwal (Create a Schedule)
|
- Pendidik mementukan lamanya waktu mengerjakan projek.
- Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk membuat jadwal aktifitas yang mengacu pada waktu maksimal yang disepakati.
- Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menyusun langkah alternatif, jika ada sub aktifitas yang molor dari waktu yang telah dijadwalkan.
- Pendidik meminta setiap kelompok menuliskan alasan setiap pilihan yang telah dipilih.
- Pendidik Membagikan LKPD yang berisi tugas peroyek dengan tagihan
|
Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
|
- Pendidik memonitoring terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek dengan cara melakukan skaffolding (memberikan bantuan) jika terdapat kelompok membuat langkah yang tidak tepat dalam penyelesaian proyek.
|
Menguji hasil (Assess the Outcome)
|
- Pendidik melakukan penilaian selama monitoring dilakukan dengan mengacu pada rubrik penilaian.
- Peserta didik berdiskusi tentang proyek yang telah diselesaikan
- Pesertta didik mempersiapkan bahan untuk presentasi.
|
Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience)
|
- Pendidik memberikan bimbingan dan evauasi selama presentasi proyek masing-masing kelompok.
- Peserta didik secara berkelompok melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Hal-hal yang direfleksi adalah kesulitan-kesulitan yang dialami dan cara mengatasinya dan perasaan yang dirasakan pada saat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.
- Kelompok lain diminta menanggapi hasil proyek yang telah dipresentasikan.
|
3
|
Kegiatan penutup
|
|
- Pendidik memberikan apresiasi terhadap hasil kerja peserta didik.
- Pendidik bersama peserta didik menyimpulkan materi.
- Pendidik menyampaikan materi selanjutnya yang akan dipelajari
- Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi pembelajaran dan umpan balik.
- Pendidik memberikan post test
- Pendidik menutup pembelajaran.
|
20 Menit
|