Langkah-Langkah Model Pembelajaran Problem Based Learning pembelajaran Berdiferensiasi
Sintak atau langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah/PBL aktifitas pembelajarannya adalah sebagai berikut:
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Materi:Teks Novel Cerita Sejarah
No
|
Kegiatan
|
Sintak
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
- Pendidik mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar (menyapa peserta didik, berdo’a, cek absensi)
- Pendidik mengajukan pertanyaan pemantik, misalnya:
- Pernahkah membaca novel sejarah?
- Seperti apakah kerangka/struktur teks cerita sejarah?
- Dorong perserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.
- Pendidik menyampaikan materi,tujuan, dan evaluasi pembelajaran
|
15 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi
|
- Pendidik menyajikan materi Power Point Presentation yang berkaitan dengan menentukan topik, teknik mengumpulkan data, menyusun kerangka laporan, mengembangkan kerangka, dan menyunting teks cerita sejarah.
- Pendidik dan peserta didik berdiskusi terkait materi yang ditampilkan.
|
100 Menit
|
Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the Essential Question).
|
Pendidik mengemukakan pertanyaan esensial yang bersifat eksplorasi pengetahuan yang telah dimiliki siswa berdasarkan pengalaman belajarnya yang bermuara pada penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas.
- Bagaimana membuat suatu cerita sejarah?
- Mengapa wawancara langsung dengan narasumber atau pelaku sejarah lebih baik untuk membuat sebuah teks cerita sejarah?
|
Mendesain perencanaan proyek (Design a Plan for the Project)
|
- Pendidik menerapkan Prinsip Diferensiasi Proses berupa:
Pendidik mengorganisir peserta didik ke dalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang.
- Pendidik memfasilitasi setiap kelompok untuk menentukan ketua dan sekretaris secara demokratis, dan mendeskripsikan tugas masing-masing setiap anggota kelompok.
- Pendidik dan peserta didik membicarakan aturan main untuk disepakati bersama dalam proses penyelesaian proyek.
- Pendidik menerapkan diferensiasi Konten, berupa:
Setiap peserta didik diberikan pilihan untuk memilih salah satu wacana yang diberikan pendidik untuk berdiskusi bersama
|
Menyusun jadwal (Create a Schedule)
|
- Pendidik mementukan lamanya waktu mengerjakan projek.
- Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk membuat jadwal aktifitas yang mengacu pada waktu maksimal yang disepakati.
- Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menyusun langkah alternatif, jika ada sub aktifitas yang molor dari waktu yang telah dijadwalkan.
- Pendidik meminta setiap kelompok menuliskan alasan setiap pilihan yang telah dipilih.
- Pendidik Membagikan LKPD yang berisi tugas peroyek dengan tagihan
|
Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
|
- Pendidik memonitoring terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek dengan cara melakukan skaffolding (memberikan bantuan) jika terdapat kelompok membuat langkah yang tidak tepat dalam penyelesaian proyek.
- Pendidik menerapkan diferensiasi produk berupa:
Setiap peserta didik diberikan pilihan untuk memilih hasil projek berupa Materi Power Point, Arikel Cerita yang dicetak, Artikel Cerita yang dipublikasikan di Blog atau website, atau cerita dalam bentuk vidio di youtube.
|
Menguji hasil (Assess the Outcome)
|
- Pendidik melakukan penilaian selama monitoring dilakukan dengan mengacu pada rubrik penilaian.
- Peserta didik berdiskusi tentang proyek yang telah diselesaikan
- Peserta didik mempersiapkan bahan untuk presentasi.
|
Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience)
|
- Pendidik memberikan bimbingan dan evauasi selama presentasi proyek masing-masing kelompok.
- Peserta didik secara berkelompok melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Hal-hal yang direfleksi adalah kesulitan-kesulitan yang dialami dan cara mengatasinya dan perasaan yang dirasakan pada saat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.
- Kelompok lain diminta menanggapi hasil proyek yang telah dipresentasikan.
|
3
|
Kegiatan penutup
|
|
- Pendidik memberikan apresiasi terhadap hasil kerja peserta didik.
- Pendidik bersama peserta didik menyimpulkan materi.
- Pendidik menyampaikan materi selanjutnya yang akan dipelajari
- Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi pembelajaran dan umpan balik.
- Pendidik menutup pembelajaran.
|
20 Menit
|