085286113196
sman1lempuingjaya@gmail.com
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya
blog-img
17/07/2022

Workshop Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar

Deni Widi Arianto | Pendidikan

Workshop Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar

Dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Lempuing Jaya pada tahun ajaran mendatang, perlu  adanya pemahaman yang baik kepada pendidik di lingkungan SMAN 1 Lempuing Jaya. Salah satu hal yang dapat membantu pendidik dalam memahami Kurikulum Merdeka adalah dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar. Tujuan dari Platform Merdeka Mengajar adalah untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat.

Hal tersebut memang sangat diperlukan untuk menyongsong Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan pada tahun ajaran mendatang di SMAN 1 Lempuing Jaya. Untuk itu pihak sekolah perlu mengadakan suatu kegiatan workshop untuk memahami lebih mendalam tentang Platform Merdeka Mengajar. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal  23 Maret 2022 dan menghadirkan Pengawas Sekolah yaitu Bapak Waino, M.Pd.

Dalam kegiatan tersebut dipaparkan oleh Bapak Waino, M.Pd mengenai pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar bagi guru-guru dan sekaligus memanfaatkan media tersebut dengan langsung mengunduh aplikasi tersebut di Playstore dan menginstal di handphone masing-masing.

 

Di dalam Platform Merdeka Mengajar terdapat fitur yang dapat dimanfaatkan diantaranya:

1. Asesmen Murid

Beragam paket soal yang bisa dibagikan daring atau luring. Tersedia fitur pemeriksaan otomatis dan analisis hasil yang mendalam.

2. Perangkat Ajar

Inspirasi materi mengajar yang terdiri dari modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran, modul projek, dan bahan lainnya yang dikurasi oleh tim ahli Kemendikbudristek.

3. Pelatihan Mandiri

Program pelatihan yang dibuat oleh para ahli dan terdiri dari beragam topik dan materi yang singkat, relevan serta praktikal sehingga dapat dipelajari di mana pun dan kapan pun.

4. Bukti Karya

Kumpulan rekam jejak yang menggambarkan kinerja serta kompetensi tenaga pendidik agar dapat saling menginspirasi maupun bertukar pikiran

5. Komunitas

Wadah yang dapat digunakan tenaga pendidik untuk berbagi praktik baik dan sarana berdiskusi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Populer






chart_icon

2 Guru

chart_icon

6 Prestasi

chart_icon

12 Download

chart_icon

262669 Pengunjung

Sosial Media

Hubungi Kami

Alamat:
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir , 30657

Email :
widiarianto2012@gmail.com
syamsulhidayat87@gmail.com

Telp :
085286113196

2024 © copyright