085286113196
sman1lempuingjaya@gmail.com
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya
blog-img
17/07/2022

Workshop Paradikma Pembelajaran Baru dan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Deni Widi Arianto | Pendidikan

Workshop Paradikma Pembelajaran Baru  dan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Selaras dengan visi sekolah yaitu “Terwujudnya Peserta Didik yang Beriman, Cerdas, Terampil, Mandiri dan Berdaya Saing” yang disesuaikan dengan tujuan nasional pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, SMA Negeri 1 Lempuing Jaya terus berupaya untuk menjadikan peserta didik beriman, cerdas, terampil dan mandiri melalui penyempurnaan kurukulum yang ada di sekolah.  Kurikulm Merdeka yang sebagai bentuk kurikulum yang baru sangat selaras dengan visi sekolah untuk mendidik karakter peserta didik yang mempunyai jiwa nasionalisme tinggi serta mandiri.

SMA Negeri 1 Lempuing Jaya dalam penerapan pembelajaran baru Tahun Pelajaran 2022 / 2023 telah memilih implementasi Kurikulum Merdeka dengan status sebagai peserta Mandiri Berubah pada pembelajaran kelas X atau fase E dalam Kurikulum Merdeka. Berdasarkan kajian tersebut Kegiatan Workshop Paradikma Pembelajaran Baru  dan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka perlu diadakan untuk memberikan pemahaman terhadap pendidik khususnya yang nantinya akan memberikan materi di kelas X pada Tahun Pelajaran 2022 / 2023.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.Di dalam kurikulum ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.Projek ini tidak bertujuan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Dalam pelaksanaan Workshop Paradikma Pembelajaran Baru  dan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka menghadirkan berapa narasumber diantaranya:

1. Bapak Waino, M.Pd, selaku Koordinator Pengawas Pendidikan SMA

2. Ibu Nuryani, S.Pd selaku Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak

Dalam materinya Bapak Waino, M.Pd memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka sudah selayaknya diterapkan di SMA Negeri 1 Lempuing Jaya Kelas X pada Tahun Pelajaran 2022 / 2023 karena sekolah in itelah memilih kategori Mandiri Berubah dalamm pemilihan Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan hal tersebut Ibu Nuryani, S.Pd juga memamarkan secara jelas tentang hal-hal yang berkaitan dengan persiapan sekolah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada kelas X di SMA Negeri 1 Lempuing Jaya

Berikut ini beberapa dokumentasi pelaksanaan kegaitan:

 

 

 

 

Populer






chart_icon

2 Guru

chart_icon

6 Prestasi

chart_icon

12 Download

chart_icon

262688 Pengunjung

Sosial Media

Hubungi Kami

Alamat:
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir , 30657

Email :
widiarianto2012@gmail.com
syamsulhidayat87@gmail.com

Telp :
085286113196

2024 © copyright