085286113196
sman1lempuingjaya@gmail.com
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya
blog-img
21/05/2024

Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMAN 1 Lempuing Jaya

Deni Widi Arianto | Pendidikan

Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMAN 1 Lempuing Jaya: Membangun Kualitas Generasi Masa Depan

Lempuing Jaya, 15 Mei 2024 — SMAN 1 Lempuing Jaya menggelar acara sosialisasi dengan tema "Bahaya Narkoba Terhadap Pembentukan Kualitas Generasi Masa Depan" pada Rabu, 15 Mei 2024. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada para siswa tentang bahaya narkoba serta pentingnya menjaga diri dari pengaruh buruk zat terlarang ini.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah, Bapak M. Syukri, S.Pd., yang menekankan pentingnya peran generasi muda dalam membangun masa depan bangsa yang bebas dari narkoba. "Kalian adalah harapan bangsa, masa depan negara kita ada di tangan kalian. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjauhi narkoba dan memahami bahaya yang ditimbulkannya. Edukasi ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi kalian untuk melindungi diri dan teman-teman dari ancaman narkoba," ujar beliau.

Sesi utama diisi dengan penyuluhan dari pihak Kepolisian Sektor Lempuing Jaya, Kapolsek Lempuing Jaya yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Aipda M Yusuf . Dalam materinya,Aipda M Yusuf menjelaskan secara rinci tentang jenis-jenis narkoba, dampak negatif penggunaan narkoba terhadap kesehatan fisik dan mental, serta konsekuensi hukum yang dapat menjerat pengguna dan pengedar narkoba. Ia juga memberikan contoh kasus nyata yang terjadi di lingkungan sekitar untuk mempertegas bahayanya.

Sosialisasi ini diikuti dengan antusias oleh siswa kelas X dan XI. Banyak siswa yang aktif bertanya mengenai cara-cara penanggulangan narkoba pada masa remaja, seperti bagaimana menghindari ajakan menggunakan narkoba, cara mendeteksi tanda-tanda penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar, dan langkah-langkah apa yang bisa diambil jika mengetahui ada teman atau kerabat yang terlibat narkoba.

Salah satu siswa, bertanya tentang langkah konkret yang dapat dilakukan siswa jika mendapati teman yang mulai terpengaruh narkoba. Aipda M Yusuf menjelaskan pentingnya pendekatan persuasif dan segera melaporkan kepada guru atau pihak berwajib untuk mendapatkan bantuan yang tepat. "Kalian harus berani melapor dan membantu teman kalian untuk keluar dari jerat narkoba. Lebih baik mencegah daripada menyesal kemudian hari," tegasnya.

Acara ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para siswa dapat berbagi pengalaman dan mendapatkan jawaban langsung dari narasumber. Keaktifan para siswa dalam sesi ini menunjukkan tingginya kepedulian mereka terhadap isu narkoba.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan para siswa SMAN 1 Lempuing Jaya semakin sadar akan bahaya narkoba dan berkomitmen untuk menjauhi serta memerangi penyalahgunaannya. Kepala Sekolah, Bapak M. Syukri, S.Pd., dalam penutupannya menyampaikan harapannya agar edukasi seperti ini dapat terus berlanjut dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. "Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi juga menjadi pemicu bagi kita semua untuk terus waspada dan aktif dalam menjaga lingkungan sekolah yang sehat dan bebas narkoba," tutupnya.

Dengan terselenggaranya acara ini, SMAN 1 Lempuing Jaya berkomitmen untuk terus mendukung upaya pencegahan narkoba dan membentuk generasi muda yang berkualitas, sehat, dan berintegritas tinggi.

Populer






chart_icon

2 Guru

chart_icon

6 Prestasi

chart_icon

12 Download

chart_icon

226277 Pengunjung

Sosial Media

Hubungi Kami

Alamat:
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir , 30657

Email :
widiarianto2012@gmail.com
syamsulhidayat87@gmail.com

Telp :
085286113196

2024 © copyright