085286113196
sman1lempuingjaya@gmail.com
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya
blog-img
16/05/2024

Ruang Kolaborasi Modul 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Deni Widi Arianto | Pendidikan Guru Penggerak

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid

Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut

Langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi:

  1. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan aspek kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid
  2. Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi
  3. Melakukan evaluasi dan refleksi pada akhir pembelajaran

CONTOH SEKENARIO PEMBELAJARAN SMP

Pak Dudidam, seorang guru SMP, ingin mengajarkan murid-muridnya materi tentang iklan. Tujuan pembelajarannya adalah murid-murid dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari iklan tentang produk dan jasa.Pak Dudidam lalu membuat skenario pembelajaran sbb:

  1. Diskusi Seluruh Kelas Di awal pembelajaran. Pak Dudidam melakukan diskusi untuk memperkenalkan murid pada topik tentang iklan dengan menggunakan beberapa Pertanyaan
  2. Kerja Individu/Pasangan/Kelompok Kecil Setelah itu, Pak Dudidam meminta murid melakukan kegiatan Tulis---Berbagi dengan pasangan--Berbagi dengan pasangan lain.

Secara individu, murid akan diminta menulis tiga hingga lima iklan yang menarik bagi mereka.- Mereka lalu berbagi apa yang dituliskan dengan satu teman lain (secara berpasangan). Saat berbagi, mereka boleh menambahkan pendapat.- Setiap pasangan kemudian berbagi dengan pasangan lain. Setelah itu Pak Dudidam melakukan diskusi dengan seluruh Kelas. Ia akan menggunakan daftar iklan yang ditulis oleh masing-masing kelompok sebagai contoh, kemudian membahasnya dengan menekankan pada:

1.  Target audiens sasaran

2. Pesan utama

3. Mengapa beberapa iklan lebih efektif daripada yang lain Pak Dudidam lalu memperjelas konsep dan istilah periklanan sesuai kebutuhan.

  1. Kerja kelompok Kecil.
  • Murid akan diminta untuk membentuk kelompok yang terdiri dari empat sampai lima orang untuk mendiskusikan kelebihan dan kekurangan berbagai jenis iklan.
  • Setiap kelompok akan diberikan selembar kertas dan bekerja di meja mereka.
  • Setiap kelompok akan melakukan brainstorming dan mencatat dua kelebihan dan dua kekurangan dari jenis iklan tertentu Dengan menggunakan isyarat yang diberikan guru, setiap kelompok kemudian pindah ke meja kelompok lain.
  • Mereka membaca masukan yang telah ditulis sebelumnya dan menambahkan dua kelebihan dan kekurangan lagi. Terus berlanjut demikian, sampai setiap kelompok memiliki kesempatan untuk membahas semua jenis iklan.Pak Dudidam lalu mengumpulkan kembali murid sebagai satu kelompok besar. Ia lalu memfasilitasi diskusi yang diperlukan untuk memperjelas dan/atau memperluas pemahaman konsep seperti: target audiens, kejelasan pesan, dan penggunaan fitur kebahasaan dan desain seperti pemilihan judul, teks , gambar, dan format. Pak Dudidam lalu memberikan tugas Individu. Ia membedakan penugasannya

Dari Skenario Pembelajaran Yang Telah Ditelaah, Pak Dududam berusaha memenuhi Kebutuhan Belajar Murid memenuhi 3 aspek kebutuhan belajar murid yaitu :

  1. Kesiapan Belajar
  2. Minat Belajar.
  3. Profil Belajar Murid.

Pak Dudidam Menentukan Kebutuhan Belajar Muridnya dengan cara:

1. Kesiapan murid

Pada diskusi seluruh kelas dengan menggunakan beberapa pertanyaan pemandu tentang topik iklan, membuat catatan penilaian ketika belajar kerja kelompok kecil dan besar

2. Minat murid

Pak dudidam meminta murid untuk menuliskan tiga hingga Lima iklan yang menarik bagi mereka.

3. Profil belajar murid

Pak dudida mendorong murid untuk memilih lokasi di kelas yang mendukung cara mereka belajar dengan baik

 

Pak Dudidam menggunakan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi :

1. Diferensiasi Konten:

Pak Dudidam menetapkan skenario tugas yang berjenjang sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman konsep murid-muridnya

2. Diferensiasi Produk:

Pak Dudidam menugaskan murid Membuat iklan yang secara efektif akan mempromosikan produk atau jasa atau acara, sesuai dengan yang dijelaskan dalam skenario yang diberikan sesuai dengan kemampuan murid

3. Diferensiasi Proses:

A. Pak Dudidam melakukan kegiatan pembelajaran yang bervariasi, untuk mengakomodir gaya belajar murid yang beragam, yaitu :

    1. Kerja Individu / Pasangan
    2. Kerja Kelompok Kecil
    3. Diskusi seluuruh kelas.

B. Pak Dudidam mendorong murid untuk memilih lokasi di kelas yang mendukung cara mereka belajar dengan baik.

Sumber: LMS Pendidikan Guru Penggerak

 

Populer






chart_icon

2 Guru

chart_icon

6 Prestasi

chart_icon

12 Download

chart_icon

261159 Pengunjung

Sosial Media

Hubungi Kami

Alamat:
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir , 30657

Email :
widiarianto2012@gmail.com
syamsulhidayat87@gmail.com

Telp :
085286113196

2024 © copyright