Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid
Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut
Langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi:
CONTOH SEKENARIO PEMBELAJARAN SMP
Pak Dudidam, seorang guru SMP, ingin mengajarkan murid-muridnya materi tentang iklan. Tujuan pembelajarannya adalah murid-murid dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari iklan tentang produk dan jasa.Pak Dudidam lalu membuat skenario pembelajaran sbb:
Secara individu, murid akan diminta menulis tiga hingga lima iklan yang menarik bagi mereka.- Mereka lalu berbagi apa yang dituliskan dengan satu teman lain (secara berpasangan). Saat berbagi, mereka boleh menambahkan pendapat.- Setiap pasangan kemudian berbagi dengan pasangan lain. Setelah itu Pak Dudidam melakukan diskusi dengan seluruh Kelas. Ia akan menggunakan daftar iklan yang ditulis oleh masing-masing kelompok sebagai contoh, kemudian membahasnya dengan menekankan pada:
1. Target audiens sasaran
2. Pesan utama
3. Mengapa beberapa iklan lebih efektif daripada yang lain Pak Dudidam lalu memperjelas konsep dan istilah periklanan sesuai kebutuhan.
Dari Skenario Pembelajaran Yang Telah Ditelaah, Pak Dududam berusaha memenuhi Kebutuhan Belajar Murid memenuhi 3 aspek kebutuhan belajar murid yaitu :
Pak Dudidam Menentukan Kebutuhan Belajar Muridnya dengan cara:
1. Kesiapan murid
Pada diskusi seluruh kelas dengan menggunakan beberapa pertanyaan pemandu tentang topik iklan, membuat catatan penilaian ketika belajar kerja kelompok kecil dan besar
2. Minat murid
Pak dudidam meminta murid untuk menuliskan tiga hingga Lima iklan yang menarik bagi mereka.
3. Profil belajar murid
Pak dudida mendorong murid untuk memilih lokasi di kelas yang mendukung cara mereka belajar dengan baik
Pak Dudidam menggunakan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi :
1. Diferensiasi Konten:
Pak Dudidam menetapkan skenario tugas yang berjenjang sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman konsep murid-muridnya
2. Diferensiasi Produk:
Pak Dudidam menugaskan murid Membuat iklan yang secara efektif akan mempromosikan produk atau jasa atau acara, sesuai dengan yang dijelaskan dalam skenario yang diberikan sesuai dengan kemampuan murid
3. Diferensiasi Proses:
A. Pak Dudidam melakukan kegiatan pembelajaran yang bervariasi, untuk mengakomodir gaya belajar murid yang beragam, yaitu :
B. Pak Dudidam mendorong murid untuk memilih lokasi di kelas yang mendukung cara mereka belajar dengan baik.
Sumber: LMS Pendidikan Guru Penggerak
Langkah-Langkah Model Pembelajaran Problem Based...
Langkah-Langkah Model Project Based Learning...
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru...
2 Guru
6 Prestasi
12 Download
262181 Pengunjung