A. Latar Belakang
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lempuing Jaya merupakan salahsatu dari satuan pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Kabupaten Ogan Komeringi llir, yang terletak di Jalan Lintas Timur KM 127 Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan.
Pendidikan modern menghadapi tuntutan untuk beradaptasi dengan perkembangan pesat dalam teknologi dan dinamika sosial. Pada saat yang sama, pemahaman tentang cara terbaik untuk memfasilitasi pembelajaran optimal juga terus berkembang. Dalam rangka menciptakan lingkungan belajar yang responsif dan inklusif, banyak sekolah telah mengenali pentingnya membentuk komunitas belajar.
Komunitas Belajar (Kombel) merupakan salah satu bentuk pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Dimana, sekelompok Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) belajar bersama dan berkolaborasi secara terjadwal serta berkelanjutan.
Pada implementasi Kurikulum Merdeka, Komunitas Belajar mendukung guru, tenaga kependidikan dan pendidik lainnya untuk dapat mendiskusikan dan menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran yang dihadapi saat implementasi Kurikulum Merdeka.
B. Dasar Hukum
C. Tujuan
1. Memfasilitasi belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka
Komunitas belajar dapat memfasilitasi para guru dan tenaga kependidikan dalam mempelajari Kurikulum Merdeka. Dengan belajar bersama, diharapkan anggota komunitas akan lebih mudah memahami materi-materi terkait Kurikulum Merdeka
2. Memfasilitasi diskusi pemecahan masalah sekaligus berbagi praktik baik Kurikulum Merdeka
Komunitas Belajar sangat tepat jika dimanfaatkan oleh anggotanya untuk berdiskusi dalam memecahkan masalah terkait Kurikulum Merdeka yang sedang dihadapi. Selain itu, para anggotanya juga bisa saling berbagi praktik baik pengimplementasian Kurikulum Merdeka yang telah mereka lakukan di sekolahnya.
3. Memfasilitasi kolaborasi pengembangan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka
Komunitas Belajar bisa memfasilitasi pengembangan perangkat ajar yang dapat digunakan dan disesuaikan untuk kepentingan pembelajaran seperti alur tujuan pembelajaran, modul ajar, modul projek, bahan ajar dan bahan asesmen.
4. Memfasilitasi refleksi pembelajaran rekan sejawat
Refleksi dari implementasi tersebut sangatlah penting untuk mengevaluasi proses dari penerapan Kurikulum Merdeka. Refleksi ini akan memperkaya pengalaman belajar dari anggota Komunitas Belajar.
D. Ruang Lingkup Kegiatan
E. Tahapan Pembentukan Komunitas Belajar
1. Pembentukan tim kecil
Beberapa pendidik dan tenaga kependidikan dengan kepemimpinan dan pengaruh baik pada rekan sejawatnya menjadi tim perintis yang mendorong terbentuknya komunitas belajar di SMAN 1 Lempuing Jaya
2. Sosialisasi kombel dan pengimbasan pemulihan serta transformasi pembelajaran melalui penguatan literasi
Kegiatannya meliputi: (1) Kepala Sekolah dan Tim Kecil memberikan pemahaman tentang Komunitas Belajar dan menyamakan persepsi; (2) Meyakinkan seluruh PTK di SMAN 1 Lempuing Jaya untuk mendukung dan turut serta aktif dalam kegiatan komunitas belajar; (3) Kepala Sekolah bersama tim kecil (termasuk guru yang diundang ketika pelatihan) mengimbaskan hasil pelatihan pemulihan dan transformasi pembelajaran kepada seluruh PTK di SMAN 1 Lempuing Jaya.
3. Telaah data literasi murid di satuan pendidikan
Penelaahan dan identifikasi akar masalah dari literasi yang rendah di SMAN 1 Lempuing Jaya dilakukan melalui telaah Rapor Pendidikan Sekolah
4. Penyepakatan komitmen bersama dan tata nilai belajar di kombel
Nilai-nlai dan komitmen bersama perlu dibuat bersama-sama oleh seluruh anggota kombel, sehingga komunitas belajar dapat fokus ke fondasi keinginan, nilai-nilai serta komitmen yang sama.
5. Memasukkan jam efektif belajar di kombel dalam sekolah
Implementasinya di pembentukan kelompok belajar dan penyepakatan jadwal rutin pertemuan meliputi Jadwal pertemuan kombel haruslah rutin agar berkesinambungan;
F. Susunan Pengurus Komunitas Belajar
No |
Nama |
Jabatan |
I |
WAINO,S.Pd.,M.Pd |
Penasehat/ Pengawas Pembina |
II |
M. SYUKRI, S.Pd |
Penanggung Jawab |
III |
Nyayu Sopaah FY, S Pd.M.Si |
Ketua/ Koordinator Komunitas |
IV |
Neti Fitriyanti, S.Pd., Gr. |
Wakil Ketua |
V |
Deni Widi Arianto, S.Pd.,Gr. |
Sekertaris |
VI |
Drs. Suhartono, M.Si |
Anggota |
Ela Musiani |
Anggota |
|
Sehat Sinulingga,S.Pd |
Anggota |
|
Gustina Prabawati, S Pd. |
Anggota |
|
Wayan Slamet, S Pd, M.Si. |
Anggota |
|
Irna Pirakusnita, S Pd. |
Anggota |
|
Darma Irawati, S Pd. |
Anggota |
|
Supriyanta, S.Pd. |
Anggota |
|
Ir. Solvy Air Hati, CH.A |
Anggota |
|
Muhammad Rifa'i,M.Pd. |
Anggota |
|
Destiana, S,Pd |
Anggota |
|
Emos Megantoro, S.Pd |
Anggota |
|
Syahwan, S.Pd |
Anggota |
|
Desmiati, S.Pd.,Gr. |
Anggota |
|
Lynda Widi Asih,S.Pd.,Gr. |
Anggota |
|
Andriyani, S.Pd.,Gr. |
Anggota |
|
Hariyono Suyono,S.Pd |
Anggota |
|
Nurul Hasanah, S.Psi.,Gr. |
Anggota |
|
Titi Suciati,S.Pd |
Anggota |
|
Friska Defriani, S.Pd |
Anggota |
|
Siswanto, S.Pd.,M.Pd |
Anggota |
|
Dewa Samuro, S.Pd |
Anggota |
|
Desti Ayu, S.Si |
Anggota |
|
Habibie, S.Pd |
Anggota |
|
Ayu Noviana, S.Pd |
Anggota |
|
Heni Apriliyani, S.Pd |
Anggota |
|
Apfitrianti, S.Pd |
Anggota |
|
Muhammad Khairul Hadi,S.Pd |
Anggota |
|
Nurdianto,S.Pd |
Anggota |
|
Ahmad Riza Sirozy,SE |
Anggota |
|
Fitria Larasati,S.Pd |
Anggota |
|
Irma Susanti, S.Pd |
Anggota |
|
Supandi,S.Pd.I |
Anggota |
|
Riki Rizki, S.Pd. |
Anggota |
|
Sri Wulan, S.Pd. |
Anggota |
|
Zulfatul Ulwiyah, S.Pd. |
Anggota |
|
Vety Rizky Sartika Sari,S.Pd. |
Anggota |
|
Dea Andini, S.Pd. |
Anggota |
|
Syamsul Hidayat,SE. |
Anggota |
|
Astuti Syaryani, A.Md |
Anggota |
|
Lista Utari,S.M. |
Anggota |
G. Jadwal Kegiatan
No |
Bulan |
Narasumber |
Materi |
1 |
Januari 2024 |
|
Sosialisasi Pengelolaan Kinerja Guru dan kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar |
2 |
Februari 2024 |
|
Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) |
3 |
Maret 2024
|
|
Meningkatkan kompetensi murid melalui numerasi |
4 |
Mei 2024 |
|
Implementasi & Optimalisasi Kurikulum Merdeka Tahun 2024 |
5 |
Agustus 2024 |
|
Pencegahan dan Penanganan kekerasan di satuan pendidikan |
6 |
September 2024 |
|
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila |
7 |
Oktober 2024 |
|
Peningkatan Literasi di Satuan Pendidikan |
8 |
November 2024 |
|
Kiat Mudah Membuat Media Pembelajaran Interaktif |
H. Daftar Pustaka
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/komunitas-belajar-untuk-mendukung-kurikulum-merdeka/
I. Penutup
Sebagai komunitas belajar di SMAN 1 Lempuing Jaya, kami percaya bahwa setiap langkah kecil dalam pembelajaran membawa kita lebih dekat pada kesuksesan. Dengan semangat kebersamaan, keingintahuan, dan dedikasi untuk mencapai prestasi terbaik, kami melangkah bersama menuju masa depan yang cerah. Dengan tekad kuat untuk menggali potensi tersembunyi, menginspirasi, dan berkembang bersama, kami, sebagai komunitas belajar SMAN 1 Lempuing Jaya, berkomitmen untuk menjadikan setiap hari sebagai kesempatan baru untuk belajar dan berkembang.
Langkah-Langkah Model Pembelajaran Problem Based...
Langkah-Langkah Model Project Based Learning...
2 Guru
7 Prestasi
12 Download
293099 Pengunjung