Koneksi Antar Materi (KAM)
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.
Pertanyaan pemantik:
Perasaan Setelah Mempelajari Modul Ini?
Setelah mempelajari modul ini, saya merasa terinspirasi dan mendapatkan wawasan baru tentang peran seorang guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Modul ini memberikan pengalaman saya terhadap berbagai strategi dan pendekatan yang dapat digunakan untuk mencapai dampak positif pada murid.
Intisari dari Modul Ini?
Intisari dari modul ini adalah pemahaman mendalam tentang peran guru penggerak dalam mengembangkan program-program yang berdampak pada murid.
Saya memahami pentingnya kolaborasi antara guru, kepala sekolah, dan komunitas dalam merancang dan melaksanakan program yang efektif.
Peran Guru Penggerak
Kepemimpinan Murid (Student Agency)
Target 1: Mendampingi murid agar pengembangan potensi kepemimpinan mereka tetap sesuai dengan kodrat, konteks dan kebutuhannya.
Target 2: Mengurangi kontrol kita terhadap mereka
IVAR( Empat sifat inti dari human agency):
Intensi = Kesengajaan (intentionality).
V - Visi = Pemikiran ke depan (forethought)
A - Aksi = Kereaktifan-diri (self-reactiveness)
R - Refleksi = Kereflektifan-diri (self-reflectiveness)
Kepemimpinan Murid (Student Agency)
Suara (voice)
Pilihan (choice)
Kepemilikan (ownership)
Karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid
Pertanyaan pemantik
Keterkaitan dengan Modul-modul Sebelumnya?
Modul ini memiliki keterkaitan yang kuat dengan modul-modul sebelumnya. Beberapa keterkaitan yang dapat saya lihat antara modul ini dengan modul-modul sebelumnya adalah:
Perspektif tentang Program yang Berdampak Positif pada Murid?
Program yang berdampak positif pada murid harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan cermat
Langkah-Langkah Model Pembelajaran Problem Based...
Langkah-Langkah Model Project Based Learning...
2 Guru
7 Prestasi
12 Download
293057 Pengunjung