085286113196
sman1lempuingjaya@gmail.com
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya
blog-img
25/10/2024

Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Deni Widi Arianto | Pendidikan Guru Penggerak

Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Tujuan Pembelajaran Khusus

  • Calon Guru Penggerak dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.
  • Calon Guru Penggerak membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.

Prakarsa perubahan

Menumbuhkembangkan keterampilan dan kreativitas siswa dalam menulis buku melalui kegiatan “MENCIPTA” (Menulis Cerpen Inspiratif)

Tujuan Program “MENCIPTA” (Menulis Cerpen Inspiratif)

  1. Menggali kreativitas dan imajinasi siswa melalui kegiatan menulis
  2. Cerpen inspiratif banyak mengandung pesan moral dan nilai-nilai positif sehingga membentuk karakter dan sikap positif pada pembaca
  3. Mengintegrasikan konsep-konsep pendidikan yang berdampak positif pada murid ke dalam cerita.

TAHAPAN BAGJA

Buat pertanyaan utama (Define)

Merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan yang diinginkan atau diimpikan

  • Bagaimana mentukan tema cerita yang akan dibuat cerpen?
  • Bentuk cerita apa saja yang menarik dan inspiratif?
  • Bagaimana cara mengumpulkan cerpen untuk disusun menjadi Bentuk buku?
  • Bagaimana mendokumentasikan buku cerpen di perpustakaan sekolah?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

  • Menjelaskan kaidah penulisan cerpen dengan baik
  • Mencari ide beberapa tokoh inspiratif dalam kehidupan
  • Berkomunikasi dengan beberapa percetakan buku untuk mencetak buku
  • Berkoordinasi dengan kepala perpustakaan sekolah

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

  • Melakukan sesi dialog dengan perwakilan murid untuk menguatkan ide di tahap awal ini.
  • Berkolaborasi dengan rekan guru untuk merumuskan tema cerpen yang menarik dan inspiratif

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

  • Aset Manusia: Siswa, Guru, Rekan Guru
  • Aset Fisik: Ruang Kelas Perpustakaan

CATATAN REFLEKSI B-uat pertanyaan utama (Define)

Peristiwa (Fact)

Program “MENCIPTA” (Menulis cerpen inspiratif) adalah program literasi untuk mewujudkan generasi yang literat di SMAN 1 Lempuing Jaya. Program ini digagas karena melihat antusiasme siswa dalam menghasilkan karya tulis masih rendah. Untuk memperkuat program ini, maka kami jabarkan dengan tahapan BAGJA. Pada tahapan Buat pertanyaan, kami melakukan diskusi dengan rekan guru untuk menggali lebih jauh manfaat literasi, serta bagaimana kegiatan literasi terutama menulis yang berjalan selama ini dan bagaimana keberhasilannya. Selain itu, untuk mewujudkan kepemimpinan siswa, kami juga melakukan diskusi bersama siswa kelas X dan XII mengenai gagasan awal program, di mana kami dan siswa berdiskusi agar memperkuat ide mengenai program “MENCIPTA”. Melalui proses diskusi ini, kami mendapatkan banyak manfaat, utamanya mengenai kebermanfaatan program literasi, dan juga penguatan langkah-langkah pelaksnakan program “MENCIPTA” ini. Selain itu, kami juga mandapatkan solusi terkait kendala yang kami bayangkan sebelumnya, misalnya tentang kesulitan siswa dalam menentukan tema cerpen yang menarik dan mengispirasi. Ternyata melalui diskusi ini, kami bersama-sama dapat mengembangkan kekuatan/aset yang ada.

Perasaan (feeling)

Dalam melaksanakan Aksi Nyata tahapan Buat pertanyaan, kami merasa senang, bersemangat, dan optimis bahwasanya siswa-siswa kami dapat diajak untuk berdiskusi menyusun serta melaksanakan program ini dengan baik. Kami juga merasa bersyukur memiliki rekan guru yang mendukung, mau berkolaborasi, serta mendampingi siswa supaya menjadi pemimpin pembelajaran baik mengenai suara, pilihan, ataupun kepemilikan. Kami bahagia bisa bertukar pikiran bersama warga sekolah demi terwujudnya program kami ini.

Pembelajaran (Finding)

Pembelajaran yang kami peroleh dalam melaksanakan Aksi Nyata tahapan Buat pertanyaan, yaitu:

  • Pentingnya diskusi dan bertukar pikiran bersama rekan guru untuk mendapatkan ide-ide baru maupun penguatan program agar menjadi lebih baik;
  • Pelibatan siswa sebagai mitra dalam penyusunan program, membuat mereka antusias karena dapat menyuarakan pendapatnya, menentukan pilihannya, dan merasa memiliki program yang berguna bagi mereka;
  • Siswa terpenuhi kebutuhannya dan mereka dapat berkembang sesuai dengan kodrat alam & zamannya;
  • Melalui pelibatan siswa secara penuh, dapat menumbuhkan kepercayaan dirinya dan jiwa kepemimpinan dalam dirinya.

Penerapan ke depan ( Future)

Melalui kegiatan diskusi bersama, diharapkan kami dapat menyusun program secara lebih matang, dengan memperhatikan kekuatan/aset yang ada, serta mencari strategi mengenai kekurangan yang ada agar program "MENCIPTA" ini dapat terlaksana dengan maksinal. Harapan kami, program ini dapat secara konsisten dijalankan, dan Kepala Sekolah serta Guru dapat memantau dan mengawasi program yang memang dijalankan oleh siswa. Selanjutnya, siswa dapat menyuarakan keinginannya, membuat pilihan-pilihan yang sesuai dengan minatnya serta rasa kepemilikan akan program sehingga mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk memimpin pembelajarannya sendiri.

Tahapan bagja Ambil Pelajaran (Discover)

Mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di kelas maupun sekolah serta pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif tersebut

PERTANYAAN

  • Aktivitas apa saja yang menarik minat menulis cerpen murid selama ini?
  • Apa yang murid sukai ketika membaca buku cerpen?
  • Mana kegiatan sekolah yang telah menguatkan literasi?
  • Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung peningkatan minat menulis

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

  • Mengadakan survei minat menulis siswa
  • Guru memberikan 'pertanyaan' (yang telah diindentifikasi sebelumnya) kepada murid di kelasnya
  • Mengidentifikasi kegiatan yang dapat meningkatkan literasi siswa.
  • Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan sekolah yang mendukung peningkatan literasi siswa terutama dalam meningkatkan keterampilan menulis.

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

Diskusi bersama untuk mengemukanan pendapat lebih banyak murid untuk mengetahui program menulis yang menarik selama ini sekaligus mencari inspirasi cerpen yang menarik.

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

  • Aset Manusia: Siswa dan Guru
  • Aset Fisik: Buku Penunjang / referensi
  • Aset Politik: Kebijakan Sekolah

Catatan refleksi Ambil Pelajaran (Discover)

Peristiwa (Fact)

MENCIPTA (Menulis cerpen inspiratif) adalah program literasi untuk mewujudkan motifasi menulis siswa dan menghasilkan karya tulis baik. Untuk memperkuat program ini, maka kami jabarkan dengan tahapan BAGJA. Pada tahapan Ambil pelajaran, kami melakukan observasi mengenai kegiatan literasi yang selama ini sudah berjalan di kelas serta melakukan diskusi mengenai hal apa saja yang dapat menarik minat mereka tentang literasi selama ini. Luar biasa antusias siswa dalam kegiatan di tahap ini. Beberapa dari mereka menyampaikan senang dengan keterampilan menulis cerpen karena dapat membagikan pengalaman berharga kepada orang lain, yang pada alhirnya kumpulan cerpen tersebut akan dibukukan dalam Buku Antologi Cerpen. Saat kami ajak mereka untuk merancang program menulis cerpen yang lebih baik, mereka bersemangat dan bahagia.

Perasaan (feeling)

Kami merasa bersyukur dan bahagia bisa berada di antara siswa-siswa yang mempunyai semangat tinggi dan bisa diajak untuk mejadi mitra dalam perencanaan dan pelaksanaan program. Kami optimis, mereka dapat menjalankan program MENCIPTA (Menulis cerpen inspiratif) ini maksimal karena mereka merasa memiliki program ini, dan mereka mengetahui secara penuh manfaat dari program literasi ini.

Pembelajaran (Finding)

Pembelajaran yang kami peroleh dalam melaksanakan Aksi Nyata tahapan Ambil Pelajaran, yaitu:

  • Siswa antusias mengenai kegiatan literasi, karena sudah merasakan manfaatnya;
  • Siswa merasa dihargai karena dijadikan mitra dalam proses perencanaan dan pelaksanaan program sehingga dapat menyuarakan pendapatnya, menentukan pilihannya sesuai minat, & memiliki programnya;
  • Siswa memiliki motivasi yang luar biasa mengapa ia tertarik dengan kegiatan literasi;
  • Pentingnya seorang guru untuk menjadi fasilitator dan mengapresiasi ide-ide siswa, agar setiap program selalu "berpihak kepada siswa".

Penerapan ke depan ( Future)

Melalui penerapan budaya positif literasi yang dikemas dengan program MENCIPTA (Menulis cerpen inspiratif) ini, diharapkan mampu membentuk jiwa kepemimpinan siswa serta dapat menumbuhkan ketrampilan siswa untuk mencapai tujuan akademik & non akademiknya sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri. Program MENCIPTA (Menulis cerpen inspiratif) dengan melibatkan siswa dalam perancangan hingga pelaksanaan program, diharapkan dapat membentuk siswa yang memiliki karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

Simpulan

Program ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca, keterampilan menulis, dan kreativitas siswa. Dengan menggali cerita yang menginspirasi, siswa dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang kehidupan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya .

Populer






chart_icon

2 Guru

chart_icon

7 Prestasi

chart_icon

12 Download

chart_icon

293081 Pengunjung

Sosial Media

Hubungi Kami

Alamat:
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir , 30657

Email :
widiarianto2012@gmail.com
syamsulhidayat87@gmail.com

Telp :
085286113196

2024 © copyright