Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Tujuan Pembelajaran Khusus
Prakarsa perubahan
Menumbuhkembangkan keterampilan dan kreativitas siswa dalam menulis buku melalui kegiatan “MENCIPTA” (Menulis Cerpen Inspiratif)
Tujuan Program “MENCIPTA” (Menulis Cerpen Inspiratif)
TAHAPAN BAGJA
Buat pertanyaan utama (Define)
Merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan yang diinginkan atau diimpikan
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
CATATAN REFLEKSI B-uat pertanyaan utama (Define)
Peristiwa (Fact)
Program “MENCIPTA” (Menulis cerpen inspiratif) adalah program literasi untuk mewujudkan generasi yang literat di SMAN 1 Lempuing Jaya. Program ini digagas karena melihat antusiasme siswa dalam menghasilkan karya tulis masih rendah. Untuk memperkuat program ini, maka kami jabarkan dengan tahapan BAGJA. Pada tahapan Buat pertanyaan, kami melakukan diskusi dengan rekan guru untuk menggali lebih jauh manfaat literasi, serta bagaimana kegiatan literasi terutama menulis yang berjalan selama ini dan bagaimana keberhasilannya. Selain itu, untuk mewujudkan kepemimpinan siswa, kami juga melakukan diskusi bersama siswa kelas X dan XII mengenai gagasan awal program, di mana kami dan siswa berdiskusi agar memperkuat ide mengenai program “MENCIPTA”. Melalui proses diskusi ini, kami mendapatkan banyak manfaat, utamanya mengenai kebermanfaatan program literasi, dan juga penguatan langkah-langkah pelaksnakan program “MENCIPTA” ini. Selain itu, kami juga mandapatkan solusi terkait kendala yang kami bayangkan sebelumnya, misalnya tentang kesulitan siswa dalam menentukan tema cerpen yang menarik dan mengispirasi. Ternyata melalui diskusi ini, kami bersama-sama dapat mengembangkan kekuatan/aset yang ada.
Perasaan (feeling)
Dalam melaksanakan Aksi Nyata tahapan Buat pertanyaan, kami merasa senang, bersemangat, dan optimis bahwasanya siswa-siswa kami dapat diajak untuk berdiskusi menyusun serta melaksanakan program ini dengan baik. Kami juga merasa bersyukur memiliki rekan guru yang mendukung, mau berkolaborasi, serta mendampingi siswa supaya menjadi pemimpin pembelajaran baik mengenai suara, pilihan, ataupun kepemilikan. Kami bahagia bisa bertukar pikiran bersama warga sekolah demi terwujudnya program kami ini.
Pembelajaran (Finding)
Pembelajaran yang kami peroleh dalam melaksanakan Aksi Nyata tahapan Buat pertanyaan, yaitu:
Penerapan ke depan ( Future)
Melalui kegiatan diskusi bersama, diharapkan kami dapat menyusun program secara lebih matang, dengan memperhatikan kekuatan/aset yang ada, serta mencari strategi mengenai kekurangan yang ada agar program "MENCIPTA" ini dapat terlaksana dengan maksinal. Harapan kami, program ini dapat secara konsisten dijalankan, dan Kepala Sekolah serta Guru dapat memantau dan mengawasi program yang memang dijalankan oleh siswa. Selanjutnya, siswa dapat menyuarakan keinginannya, membuat pilihan-pilihan yang sesuai dengan minatnya serta rasa kepemilikan akan program sehingga mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk memimpin pembelajarannya sendiri.
Tahapan bagja Ambil Pelajaran (Discover)
Mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di kelas maupun sekolah serta pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif tersebut
PERTANYAAN
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
Diskusi bersama untuk mengemukanan pendapat lebih banyak murid untuk mengetahui program menulis yang menarik selama ini sekaligus mencari inspirasi cerpen yang menarik.
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Catatan refleksi Ambil Pelajaran (Discover)
Peristiwa (Fact)
MENCIPTA (Menulis cerpen inspiratif) adalah program literasi untuk mewujudkan motifasi menulis siswa dan menghasilkan karya tulis baik. Untuk memperkuat program ini, maka kami jabarkan dengan tahapan BAGJA. Pada tahapan Ambil pelajaran, kami melakukan observasi mengenai kegiatan literasi yang selama ini sudah berjalan di kelas serta melakukan diskusi mengenai hal apa saja yang dapat menarik minat mereka tentang literasi selama ini. Luar biasa antusias siswa dalam kegiatan di tahap ini. Beberapa dari mereka menyampaikan senang dengan keterampilan menulis cerpen karena dapat membagikan pengalaman berharga kepada orang lain, yang pada alhirnya kumpulan cerpen tersebut akan dibukukan dalam Buku Antologi Cerpen. Saat kami ajak mereka untuk merancang program menulis cerpen yang lebih baik, mereka bersemangat dan bahagia.
Perasaan (feeling)
Kami merasa bersyukur dan bahagia bisa berada di antara siswa-siswa yang mempunyai semangat tinggi dan bisa diajak untuk mejadi mitra dalam perencanaan dan pelaksanaan program. Kami optimis, mereka dapat menjalankan program MENCIPTA (Menulis cerpen inspiratif) ini maksimal karena mereka merasa memiliki program ini, dan mereka mengetahui secara penuh manfaat dari program literasi ini.
Pembelajaran (Finding)
Pembelajaran yang kami peroleh dalam melaksanakan Aksi Nyata tahapan Ambil Pelajaran, yaitu:
Penerapan ke depan ( Future)
Melalui penerapan budaya positif literasi yang dikemas dengan program MENCIPTA (Menulis cerpen inspiratif) ini, diharapkan mampu membentuk jiwa kepemimpinan siswa serta dapat menumbuhkan ketrampilan siswa untuk mencapai tujuan akademik & non akademiknya sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri. Program MENCIPTA (Menulis cerpen inspiratif) dengan melibatkan siswa dalam perancangan hingga pelaksanaan program, diharapkan dapat membentuk siswa yang memiliki karakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.
Simpulan
Program ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca, keterampilan menulis, dan kreativitas siswa. Dengan menggali cerita yang menginspirasi, siswa dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang kehidupan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya .
Langkah-Langkah Model Pembelajaran Problem Based...
Langkah-Langkah Model Project Based Learning...
2 Guru
7 Prestasi
12 Download
293081 Pengunjung