085286113196
sman1lempuingjaya@gmail.com
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya
blog-img
14/08/2024

Merancang Program yang Berdampak pada Murid

Deni Widi Arianto | Pendidikan Guru Penggerak

Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid

Saat murid menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran mereka sendiri atau kita katakan saat murid memiliki agency, maka mereka sebenarnya memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) dalam proses pembelajaran mereka. Lewat suara, pilihan, dan kepemilikan inilah murid kemudian mengembangkan kapasitas dirinya menjadi seorang pemilik bagi proses belajarnya sendiri


Kepemimpinan Murid dan Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila sebenarnya adalah visi dan harapan Indonesia untuk karakter warganya di masa mendatang, sehingga seharusnya menjadi landasan bagi visi sekolah. Upaya menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan menyediakan kesempatan bagi murid untuk mengembangkan profil positif dirinya, yang kemudian diharapkan dapat mewujud sebagai pengejawantahan profil pelajar Pancasila dalam dirinya.


Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid

Sebagaimana padi yang hanya akan tumbuh subur pada lingkungan yang sesuai, maka kepemimpinan murid pun akan tumbuh dengan lebih subur jika sekolah dapat menyediakan lingkungan yang cocok. Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid adalah lingkungan di mana guru, sekolah, orangtua, dan komunitas secara sadar mengembangkan wellbeing atau kesejahteraan diri murid-muridnya secara optimal.


Karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid adalah yang mendukung untuk:

  • Menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif.
  • Mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif
  • melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademik
  • Menerima dan memahami kekuatan diri
  • Membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi
  • Menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif
  • Menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid

     

Kegiatan atau program sekolah yang akan dikembangkan: “Berkarya Dengan Biografi Keluarga “

Jenis Program: Intra Kurikuler

Target / sasaran Program: Peserta Didik Kelas X


Deskripisi Program:

Program Menulis dan Membuat Buku Biografi Keluarga Siswa SMA bertujuan untuk membantu siswa SMA dalam menulis dan membuat buku biografi keluarga. Program literasi menulis buku biografi memiliki hubungan yang erat dengan pengembangan kepemimpinan murid. Terdapat beberapa keterkaitan aspek diantaranya:

  • Pengembangan Kemampuan Menulis
  • Kreativitas dan Ekspresi Diri
  • Kemampuan Berkomunikasi
  • Pengembangan Karakter
  • Pengalaman Pribadi dan Inspirasi

Keterkaitan Literasi Menulis Buku Biografi tentang Keluarga dengan Peran Keterlibatan Komunitas dalam Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid.


Program literasi menulis buku biografi memiliki hubungan yang erat dengan pengembangan kepemimpinan murid melalui keterlibatan komunitas. Berikut beberapa aspek keterkaitannya:

  • Komunitas Keluarga: Melalui literasi menulis buku biografi tentang keluarga, siswa dapat menggali sejarah dan pengalaman pribadi dan keluarganya.
  • Komunitas Kelas dan Sekolah: Komunitas kelas dan sekolah dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berbicara tentang buku, berbagi cerita, dan memperkuat keterampilan komunikasi.
  • Komunitas Sekitar Sekolah: Melalui literasi, siswa dapat terlibat dalam kegiatan komunitas yang memperluas wawasan dan memperkuat karakter.

Penjabaran apa, bagaimana, dan mengapa program itu dilakukan.

Bentuk Program (APA):

Terapat beberapa hal yang melatarbelakangi program ini dibuat yaitu:

  • Kurangnya minat literasi peserta didik
  • Kemampuan menulis peserta didik yang masih kurang
  • Kurangnya dokumentasi peserta didik yang hanya terbatas data pada dapodik
  • Minat mengikuti lomba bulan bahasa yang rendah.

Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah program Berkarya dengan Biografi Keluarga, dengan bentuk program masing-masing peserta didik membuat tulisan tentang biografi dirinya dalam bentuk buku sebanyak 2 buah. satu untuk disimpan sendiri, satu untuk arsip sekolah

Pelaksanaan Kegiatan (BAGAIMANA):

Bagaimana pelaksanaan program tersebut dijalankan?

Pelaksanaan program tersebut dijalankan melalui:

  • Tahapan perencanaan, Melalui diskusi dengan kepala sekolah, rekan guru dan melibatkan peserta didik.
  • Tahapan pelaksanaan, pelaksanaan dengan melibatkan peserta didik sebagai tokoh utama dalam pembuatan program tersebut.
  • Tindak lanjut dengan melakukan kegiatan merevisi buku kalau ada yang masih perlu diperbaiki, selanjutnya mencetak buku dan dikumpulkan menjadi dokumen perpustakaan sekolah.

Alasan Pemilihan Kegiatan (MENGAPA)

  • Mendorong Kreativitas

Biografi keluarga dapat menjadi sumber inspirasi dan kreativitas yang luar biasa. Anda dapat menggunakan informasi dalam biografi untuk membuat karya seni, musik, tulisan, atau bentuk seni lainnya.

2. . Mengenang sejarah keluarga

Biografi keluarga dapat membantu melestarikan sejarah keluarga untuk generasi mendatang. Dengan menuliskan kisah keluarga Anda, Anda dapat memastikan bahwa cerita mereka tidak akan terlupakan.

Program berkarya dengan biografi keluarga juga dapat membantu meningkatkan keterampilan penelitian, menulis, dan presentasi. Program ini juga dapat membantu Anda mengembangkan rasa identitas dengan berkarya dengan biografi keluarga dapat menjadi cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mempelajari sejarah keluarga, memperkuat hubungan antar anggota keluarga, dan melestarikan warisan budaya.


Dampak Program Bagi Murid:

  • Meningkatkan literasi membaca
  • Mengembangkan kreativitas menulis.
  • Memberikan pengalaman moral bagi peserta didik.
  • Menghasilkan karya berupa buku biografi keluarga.

Diagram Y:

  1. Suara: Melalui pembelajaran literasi murid diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat atau permasalan terkait dengan pogram Berkarya dengan biografi keluarga. Siapa saja yang akan mereka tulis, di cetak di mana, serta di simpan dan dibaca di perpustakaan.
  2. Pilihan: Melalui pembelajaran literasi murid diberikan pilihan untuk menentukan waktu penulisan Berkarya dengan biografi keluarga yang sesuai dengan jadwal mereka. Murid dibebaskan untuk memilih menulis dan mencetak biografi keluarga.
  3. Kepemilikan: Pada program Berkarya dengan biografi keluarga murid dilibatkan secara aktif untuk menulis biografi tersebut. Murid diberikan tugas, menulis, membuat, mengumpulkan dan memiliki biografi keluarga tersebut. Murid diberikan hak atas cipta dan kepemilikan biografi tersebut.

Populer






chart_icon

2 Guru

chart_icon

6 Prestasi

chart_icon

12 Download

chart_icon

261165 Pengunjung

Sosial Media

Hubungi Kami

Alamat:
Jl Lintas Timur Km. 127 Desa Lubuk Seberuk Kec. Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir , 30657

Email :
widiarianto2012@gmail.com
syamsulhidayat87@gmail.com

Telp :
085286113196

2024 © copyright